Sabtu, 31 Mei 2014

JAWABAN UTS

1.- Pengertian dari Teknologi Informasi adalah ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaplikasiaan pengetahuan seintifik ke praktek dan menggunakan alat yang mampu mempermudah atau memperlancar suatu pekerjaan dapat berupa perangkat baik itu perangkat keras maupun perangkat lunak informasi data yang terstruktur hasil olahan.

   - Perkembangan Teknologi Informasi, dimulai dari masa prasejarah informasi di dinding gua,alat yang menghasilkan bunyi dan syarat
3000 SM bangsa Sumeria menggunakan simbol-simbol yang dibentuk hurup pictograf sebagai hurup.
2900 SM hurup hierogliph oleh bangsa Mesir Kuno.
500 SM serat papyrus digunakan sebagai kertas
105 M bangsa Cina menemukan kertas
Masa modern (1400-an s/d sekarang)
1455 mesin cetak
1830 Augusta Lady Byron menulis program komputer
1837 Samuel Morse mengembangkan telegraf
1861 Gambar bergerak cikal bakal film sekarang
1876 Melvyl Dewey menggambarkan sistem penulisan
1877 Alexander Graham Bel menciptakan dan mengembangkan telepon
         fotografi oleh Edward Maybridge
1899 penyimpanan dalam pita magnetis pertama
1923 Zvorkyn menciptakan tabung TV pertama
1940 Pengembangan ilmu pengetahuan di bidang Informasi
1945 Vannevar Bosh mengembangkan sistem pengkodean
1946 menggunakan hypertext
         komputer digital pertama di dunia ENIACI
1948 Peneliti di Bell Telephon mengembangkan transistor
1969 sistem jaringan pertama dibentuk dengan menghubungkan 4 nodes
1972 Ray Tomlenson program e-mail yang pertama
1973-1990 istilah internet
1992 komunitas internet

- Pengelompokan teknologi informasi
Teknologi informasi  - teknologi perangkat lunak
teknologi masukan -teknologi penyimpanan
teknologi keluaran- teknologi mesin pemroses
_ Komponen Teknologi Informasi
a. Hardware : CPU, memory, I/O device, interconector
b. Software : OS, package application, user application
c. Brainware : end user, programer, analyst, manager
- Klasifikasi Teknologi Informasi
menurut fungsi sistem : Embedded IT, Dedicated IT sistem dan General Purpose sistem
menurut ukuran : super komputer, mainframe, minicomputer, workstatin, microcomputer
klien server

Peran TI dengan dunia pendidikan, Teknologi Informasi mempunyai 4 peran utama yaitu meningkatkan efisiensi, efektivitas , komunikasi dan kompetitif dari peran TI itu tentu saja sangat diperlukan di dunia pendidikan karena dengan adanya TI maka pembelajaran akan lebih efisien efektif dan bisa meakukan komunikasi tanpa batas waktu dan jarak, sehingga hasil pembelajaran menurut saya akan lebih berhasil.

Dilihat dari manfaat TI tentu saja akan beimbas pada hasil pembelajaran karena salah satu manfaat TI adalah memecahkan masalah, membuka kreativitas, efektivitas dan efisiensi





2.  Pengertian komputer adalah serangkaian atau sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling kerja sama serta membentuk sebuah kerja yang rapi dan teliti, melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis berdasarkan sistem urutan intruksi.
Menurut Larry long dan Nancy Long adalah sebuah alat elektronik yang dapat menerjemahkan dan mengeksekusi perintah-perintah terprogram sebagai input output perhitungan dan operasi logika secara teknikal sangat komplek tetapi secara konsep cukup  sederhana.

Sistem komputer adalah kumpulan elemen -elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan sesuatu,

Kaitannya dengan dunia pendidikan tujuan sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi jadi dengan adanya komputer tugas-tugas administrasi akan sangat cepat selesai yang otomatis berpengaruh ke hasil pendidikan.





3. Perangkat Keras salah satu komponen dan sebuah komputer yang sipat alatnya bisa di lihat dan di raba oleh manusia secara langsung yang berbentuk nyata berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi .
macam-macam perangkat keras  : casing, drive optic, power supply processor, memori-memori, memori 1, VGA, hardisk.
Kegunaan perangkat keras keybord berfungsi sebagai alat input untuk memasukan teks karakter atau menggerakan objek pada antar muka grafis untuk di proses d komputer

4.Perangkat Lunak adalah program yang berisi intruksi atau perintah untuk melakukan proses pengolahan data , contoh perangkat aplikasi avast.

5. Multimedia adalah  alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi.
Multimedia diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk teks, audio, gerak animasi dan video.

Kaitannya dengan pembelajaran yaitu dalam penyampaian bahan pelajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena di dukung olleh aspek suara, video, animasi, teks dan grafik.
 Multimedia Pembelajaran sarana komunikasi untuk menyampaikan materi pembelajaran.
Manfaat multimedia interaktif yang dapat dipakai dalam pembelajaran :
Meningkatkan motivasi belajar siswa
meningkatkan hasil belajar siswa
mereduksi miskonsepsi siswa
mengembangkan kompetensi guru

6. Internet berasal dari kata MILNET, ARPANET  lalu DARPA INTERNET sampai akhirnya internet.

Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh dunia di mana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis.
Kaitannya dengan pembelajaran internet komputer sekolah-kampus-individu dapat saling terkoneksi, sehingga pembelajaran tidak hanya dilaksanakan di ruang kelas tapi bisa di mana saja, sehingga dengan begitu pembelajaran tidak berakhir setelah jam sekolah selesai tetapi bisa berlanjut sampai di rumah, Dengan internet para siswa bisa mengetahui tentang negara lain  juga bisa bertukar informasi dengan teman yang lain. Sehingga jika internet dipakai untuk hal positif maka pembelajaran bisa efisien efektif, karena siswa lebih komunikatif dan kompetitif.                
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar