Selasa, 08 April 2014

Manfaat Teknologi Informasi bagi Bimbingan dan Konseling

Bimbingan dan Konseling termasuk ke dalam mata pelajaran hanya di beberapa sekolah bimbingan dan konseling ini tidak di beri jam ke kelas karena berbagai alasan, seperti yang terjadi di sekolah tempat saya bekerja, saya sebagai guru bimbingan dan konseling untuk memberi layanan konseling ke siswa kadang memakai jam istirahat atau setelah beres   jam belajar selesai. Tentu saja dengan terbatasnya jam layanan konseling untuk siswa, hasil layanan jadi tidak optimal atau dengan kata lain materi layanan tidak tersampaikan secara maksimal pada sasaran.
Oleh karena itu dengan teknologi informasi kekurangan waktu tersebut dapat diatasi, aplikasi teknologi informasi dalam bimbingan dan konseling adalah memberikan informasi kepada klin tentang apa yang dibutuhkannya. Selain itu sarana yang diberikan oleh teknologi informasi memungkinkan antara pribadi dan kelompok yang satu dengan yang lainnya dapat bertukar pikiran tanpa terhalang waktu dan jarak.
Dengan teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat sehingga otomatis kinerja para guru bimbingan dan konseling dapat meningkat. 
Melihat dari fungsi teknologi informasi bagi bimbingan dan konseling yaitu   :
-mempermudah guru bimbingan dan konseling dalam mengerjakan administrasi juga mengolah data siswa
-menjaga kerahasiaan suatu data karena dengan teknologi informasi memungkinkan untuk menguncinya dantidak akan sembarang orang dapat mengaksesnya.
-mempermudah individu atau kelompok untuk dapat berkomunikasi dengan biaya murah dan mudah dalam layanan konseling
-menjadikan teknologi informasi sebagai alat dalam suatu program kegiatan, sehingga kegiatan tersebut lebih teratur dan terstruktur.
Maka penggunaan teknologi informasi dalam bimbingan dan konseling begitu penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar