Pendidikan
adalah salah satu hal yang sangat penting untuk membekali siswa di masa depan.
Siswa perlu mendapat bimbingan, dorongan untuk belajar dan mempelajari hal-hal
yang akan diperlukan dalam kehidupannnya agar tidak terjerumus ke dalam hal-hal
yang negative, salah satu yang dapat dilakukan untuk mengembangkan potensi
secara optimal dan menghindarkan siswa dari kegiatan menyimpang adalah dengan adanya layanan bimbingan dan konseling.
Agar
layanan bimbingan dan konseling dapat menjadi lebih menarik untuk siswa maka
diperlukan adanya metode penyampaian yang lebih baik sehingga siswa dapat lebih
memahami materi layanan bimbingan dan konseling, sehingga diharapkan para siswa
dapat berkembang tahap perkembangannya.
Dengan
perkembangan teknologi informasi yang sangat begitu pesat maka penggunaan
multimedia interaktif akan sangat membantu guru bimbingan dan konseling dalam
menyampaikan materi layanan bimbingan dan konseling sehingga materi layanan itu
dapat lebih menarik yang juga bervariasi dengan otomatis dapat meningkatkan
pemahaman siswa terhadap materi layanan bimbingan dan konseling.,
Multimedia
Interaktif yang berisi teks, grafik, audio, animasi dan video akan sangat
membantu guru dalam menyampaikan materi karena dapat menghemat waktu
penyampaian materi serta memberikan suasana baru dalam kegiatan belajar
mengajar siswa. Dengan adanya grafik, animasi, audio juga video dapat membantu
siswa dalam memahami materi layanan bimbingan dan konseling.
Karakteristik media di dalam multimedia
Mutlimedia interaktif memuat beberapa komponen yaitu, teks, audio,
animasi,grafis, animasi, simulasi, video. Komponen-komponen yang terdapat dalam
multimedia interaktif tersebut mempunyai kelebihan dan kelemahan.
Kelebihan text di dalam penggunaannya di dalam multimedia
pembelajaran :
• Text dapat
digunakan untuk menyampaikan informasi yang padat (condensed).
•Text dapat digunakan
untuk materi yang rumit dan komplek seperti rumus-rumus matematika atau penjelasan suatu proses yang
panjang.
•Teknologi untuk
menampilkan text pada layar komputer relatif lebih sederhana dibandingkan
teknologi untuk menampilkan media lain. Konsekuensinya media
ini juga lebih murah bila dibandingkan media-media
lain.
• Sangat cocok
sebagai media input maupun umpan balik (feedback).
Kelemahan media text :
• Kurang kuat bila
digunakan sebagai media untuk memberikan motivasi.
• Mata cepat lelah
ketika harus menyerap materi melalui text yang panjang dan padat pada layar
komputer.
Kelebihan audio di dalam multimedia pembelajaran :
• sangat cocok bila
digunakan sebagai media untuk memberikan motivasi.
• Untuk materi-
materi tertentu suara sangat cocok karena mendekati keadaan asli dari materi
(misal pelajaran mengenai mengenal suara-suara binatang)
• Membantu pembelajar
fokus pada materi yang dipelajari karena pembelajar cukup mendengarkan tanpa
melakukan aktivitas lain yang menuntut konsentrasi
Kelemahan audio :
• memerlukan tempat
penyimpanan yang besar di dalam komputer.
• Memerlukan
software dan hardware yang spesifik (dan mungkin mahal) agar suara dapat disampaikan melalui komputer.
Kelebihan media gambar :
• lebih mudah dalam
mengidentifikasi obyek-obyek.
• Lebih mudah dalam
mengklasifikasikan obyek.
• Mampu menunjukkan
hubungan spatial dari suatu obyek.
• Membantu
menjelaskan konsep abstrak menjadi konkret.
Manfaat animasi :
• Menunjukkan obyek
dengan idea (misal efek gravitasi pada suatu obyek)
• Menjelaskan konsep yang sulit (misal
penyerapan makanan kedalam aliran darah atau bagaimana elektron bergerak untuk
menghasilkan arus listrik)
• Menjelaskan konsep
yang abstrak menjadi konkrit (misal menjelaskan tegangan arus bolak balik
dengan bantuan animasi garfik sinus yang bergerak).
• Menunjukkan
dengan jelas suatu langkah prosedural (misal cara melukis suatu
segitiga sama sisi dengan bantuan jangka).
Kelebihan-kelebihan video di dalam multimedia adalah:
• Memaparkan keadaan
riel dari suatu proses, fenomena atau kejadian
• Sebagai bagian
terintegrasi dengan media lain seperti teks atau gambar, video
dapat memperkaya pemaparan.
• Pengguna dapat
melakukan replay pada bagian-bagian tertentu untuk melihat
gambaran yang lebih fokus. Hal ini sulit diwujudkan bila video
disampaikan
melalui media seperti televisi.
• Sangat cocok
untuk mengajarkan materi dalam ranah perilaku atau psikomotor.
• Kombinasi video
dan audio dapat lebih efektif dan lebih cepat menyampaikan pesan dibandingkan
media text.
• Menunjukkan
dengan jelas suatu langkah prosedural (misal cara melukis suatu segitiga sama sisi dengan bantuan jangka).
Kelemahan video :
• Video mungkin saja
kehilangan detil dalam pemaparan materi karena siswa harus mampu mengingat detil dari scene ke scene.
• Umumnya pengguna
menganggap belajar melalui video lebih mudah dibandingkan melalui text sehingga pengguna kurang
terdorong untuk lebih aktif di dalam berinteraksi dengan materi.
Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran
Ada 3 tipe pemanfaatan multimedia pembelajaran, yaitu :
1. Multimedia digunakan
sebagai salah satu unsur pembelajaran di kelas. Misal jika guru menjelaskan
suatu materi melalui pengajaran di kelas atau berdasarkan suatu buku acuan, maka multimedia digunakan sebagai
media pelengkap untuk menjelaskan materi yang diajarkan di depan kelas. Latihan
dan tes pada tipe pertama ini tidak diberikan dalam paket multimedia melainkan
dalam bentuk print yang diberikan oleh guru.
2. Multimedia digunakan sebagai materi pembelajaran mandiri. Pada
tipe kedua ini multimedia mungkin saja dapat mendukung pembelajaran di kelas
mungkin juga tidak. Berbeda dengan tipe pertama, pada tipe kedua seluruh
kebutuhan instruksional dari pengguna dipenuhi seluruhnya di dalam paket
multimedia. Artinya seluruh fasilitas bagi pembelajaran, termasuk latihan,
feedback dan tes yang mendukung tujuan
pembelajaran disediakan di dalam paket.
3. Multimedia digunakan sebagai media satu-satunya di dalam
pembelajaran. Dengan demikian seluruh fasilitas pembelajaran yang mendukung
tujuan pembelajaran juga telah disediakan di dalam paket ini. Paket
semacam ini,seperti dijelaskan di muka, sering disebut CBL (Computer Based
Learning).
Dai
uraian di atas begitu jelas bahwa pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran
ataupun dalam layanan bimbingan dan konseling sangat membantu guru dalam menyampaikan
materi dengan lebih menarik juga bervariasi sehingga materi layanan dapat mudah
dipahami oleh siswa, agar tugas perkembangan siswa menjadi lebih optima
Tidak ada komentar:
Posting Komentar